Belanja Kain Online dimana?


Saya adalah penjahit pemula, menjahit dengan sedikit keterampilan yang saya dapat secara otodidak. Waktu masih kinyis-kinyis (masih duduk di bangku SMP) saya mencoba menjahit dengan mesin goyang kaki milik ibu. Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskna hanya saja saya tidak begitu pintar mengikuti jalur jahitannya. Yang saya coba buat waktu itu adalah tempat sisir gantung serta tempat pensil yang menjadi favorit saya untuk dibawa ke sekolah. Itu mungkin sudah tidak bisa ditemukan lagi menjadi produk purbakala teronggok entah dimana (halahh..)

Belakangan saya mulai suka menjahit lagi, padahal sebenarnya ingin bisa menjadi profesional ^_^ Pernah mengajukan diri untuk belajar menjahit alias kursus jahit kepada orangtua. Pembayaran kursus menggunakan emas, 1 emas. Itu adalah nilai emas bagus kalau di kampung saya, kira-kira 2.5gr emas. Bukan perhiasan emas yang menjadi pink kalau lama dipakai. Menurut kantong orangtua saya itu terbilang mahal. Orangtua tidak mengizinkan karena menganggap saya tidak mampu, jahit itu butuh tenaga berat, karena harus goyang kaki, capek. Begitulah, saya tidak jadi ikut kursus. Waktu itu hanya berangan suatu saat semoga bisa jahit. Keinginan itu akhirnya terkabul setelah beberapa tahun lalu membeli mesin jahit dengan pedal. Tidak perlu capek goyang kakilah.

Saya yang tak biasa pergi kemana-mana sendiri, selalu bersama suami, akhirnya tidak  biasa juga keluar masuk toko kain. Pilihannya ya belanja online. Pilih-pilih toko kain online juga pusing. Kendalanya tidak bisa pegang kainnya seperti apa, meski nama kain bisa didapat dari rekomendasi teman, tapi terkadang untuk satu nama kain bisa memiliki tekstur berbeda. Warna juga bisa jadi masalah, di online dengan aslinya itu beda. Apalagi kalau sudah punya sepotong kain, hendak dicari padananannya cuma bisa menebak-nebak kira-kira cocok atau tidak.

Dimana saja sih bisa berselancar mencari kain yang bagus serta bisa tanya-tanya pemilik  toko? Berikut beberapa rekomendasi penjual kain online berdasarkan pengalaman saya:

Toko Kain Fonz

Kalau suka kalap belanja jangan mampir di toko ini deh ^_^ Kainnya bagus-bagus lho. Saya beli kain katun Jepang dengan motif cantik di sini. Kain itu saya jahitkan rok dan mukena untuk anak. Sayangnya salah ukuran waktu menggunting bahan, jadinya agak kesempitan. Setelah lahiran, itu tidak bisa dipakai lagi, entah kalau suatu saat kembali seperti sebelum lahiran. Dan mukena si cantik juga udah mulai kesempitan, beli kain lagi dong..

Tidak hanya kain katun Jepang saja yang cantik di toko ini, ada pilihan kain kanvas juga lho di sini. Baik kanvas lokal maupun import tersedia di sini. Siap-siap aja terpesona dengan motif-motifnya yang aduhai.

zahia

Pondok Hijabers

Tak kalah cantiknya dengan koleksi dari toko yang di atas, bahan kain di toko ini juga manis-manis. Ada cerita menarik saat saya belanja bahan di sini. Kebetulan saya beli beberapa jenis kain, salah satu kain harusnya dikirim 3m, ternyata yang dikirim hanya 2m. Akhirnya saya komplain ke penjual, itu setelah beberapa hari lhoo.. Dan ternyata ditanggapi dengan baik, tadinya khawatir karena saya mungkin sudah melewati masa komplain ya. Saya tidak klik tombol komplain, saya komplain melalui pesan pribadi. Alhamdulillah kain saya dikirim lagi kekurangannya. Tapi…. ternyata mbaknya salah kirim lagi, yang dikirim adalah yang bermotif, padahal yang kurang adalah yang polos. Dan kain itu harganya juga lebih mahal. Saya kirim pesan lagi dong, dan akhirnya sepakat tidak perlu ditambah kekurangannya dan saya harus merelakan juga tidak jadi nambah yang polosannya.

Selain beli kain saya juga beli spul mesin jahit warna-warni di sini. Bahan kain di Pondok Hijabers cocok untuk dijadikan gamis ataupun khimar, seperti Wolly Crepe, Bubble Crepe, Maxmara, Balotelli, dan lain-lain. Kain yang saya beli dijahitkan rok dan sebagian untuk pashmina. Saya suka membuat pashmina sendiri dengan ukuran cukup lebar.

Kain Hermes Lux / Maxmara Harga Grosir
Salah satu kain yang saya beli

Bahan Seragam Online

Moto toko ini “mengutamakan kejujuran, kepuasan pelanggan” saya rasa memang pas. Saya membelikan bahan kain untuk celana suami di sini. Bahannya oke lho, cocok untuk seragam kantor. Kebetulan saya beli yang warna standar, warna hitam ^_^ Komunikasi dengan pemilik toko amat lancar. Sebagai pemula saya tidak begitu paham berapa ukuran kain yang pas untuk dijadikan celana dengan postur tubuh yang cukup tambun. Pemilik kain menyarankan jumlah kain yang sesua, padahal saya sudah melakukan pembayaran. Saat paket diterima saya menerima kembalian dalam bentuk uang sesuai dengan harga kainnya. Mungkin maksudnya biar kainnya tidak mubazir ya. Jadi disarankan untuk membeli sesuai ukuran saja.

Bahan Kain Seragam PDH Jas Celana dari TR wool Biru & Hitam permeter
Bahan kain yang saya beli warna hitam

Shintatextile

Tak banyak yang bisa saya ceritakan saat belanja di toko ini. Hanya sepotong kain yang saya beli untuk bahan baju kemeja suami. Respon dari penjual cepat, kainnya juga bagus. Beragam pilihan kain ditawarkan di sini, mulai dari kain brokat, maxmara, tenun, toyobo, songket, tile, dan lain-lain. Puas-puasin deh cuci mata sekaligus belanja di sini. Jangan lupa tanyakan duluapakah stoknya tersedia.

kainkatuntoyobokatunjepang_5.jpg
Saya beli kain putih Toyobo

 

Toko Kain Grosir

Tergiur belanja di sini karena banyak sekali jenis kain yang ditawarkan yang cocok untuk gamis dan khimar, harganyapun terjangkau, banyak pilihan motif pula. Saya tidak begitu hafal nama bahan kain yang saya beli di sini. Bahannya berserat sedikit meregang, biasa dijadikan pashmina. Sebenarnya warna yang saya pesan cukup jauh dari perkiraan saya. Tapi saya coba mencocokkannya dengan baju yang ada. Alhamdulillah masih terpakai.

Bahan kain untuk gamis, pashmina, khimar, baju seragam dan lainnya banyak pilihannya lho di sini. Dan motifnya menggoda.

 

Itu dulu deh review mengenai toko kain online-nya. Kapan-kapan mau coba belanja di toko lainnya. Teman yang baca boleh juga kasih referensi dimana beli kain yang bagus ^_^

 

2 Comments Add yours

  1. wulanwahyudi berkata:

    Banyak banget referensinya, bisa dicoba nih kapan2 :). Saya pernah belanja di toko kain babana di facebook mba. Mungkin bisa dicoba

  2. zahraflo berkata:

    Sipp.., teeimakasih infonya mbak 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s