Antara Muslimah, Blog dan Dunia Maya


Antara Muslimah, Blog dan Dunia Maya – Sudah beberapa kali berselancar di google mencari data-data mengenai blogger, namun tidak menemukan yang dicari. Ada berapa banyak blogger di Indonesia? Ada berapa banyak blogger perempuannya? Berapa banyak perkumpulan blogger di Indonesia? Lalu apa saja konten blogger di Indonesia? Data-data seperti ini sulit ditemukan di dunia maya yang fana ini.. qiqiiqi…

PicsArt_11-07-07.49.26.jpg

Membaca DetikInet pada tanggal 27 September 2017, tercatat setidaknya 132 Juta pengguna Internet di Indonesia, dan sekitar 40%-nya adalah pengguna medsos(media sosial).  Wow lumayan besar ya, menurut penyelenggara survei pengguna internet Indonesia naik sekitar 51% dari tahun sebelumnya. Hasil itu merupakan laporan Tetra Pax Indeks 2017. Yap… kalau baca beberapa kemasan minuman kotak akan ketemu Tetra Pak.. iya benar itu dia Tetra Pak, lalu mereka kenapa meneliti tentang pengguna internet? Hal itu penting sehubungan dengan pembuatan disain kemasan. Kemasan yang bagus menarik pembeli untuk bertransaksi, apalagi kalau tampilannya adalah online, dari mata turun ke pencet transferan deh.

“Di Tetra Pak, kami menginisiasi penggunaan teknologi digital baru seperti augmented reality dalam kemasan kami untuk membantu brand memikat dan terhubung dengan konsumen generasi baru ini,” kata Wibisono, Marketing Director Tetra Pak Indonesia.

Data lain dari GOukm memberikan rincian pengguna internet di tahun 2016 yang merupakan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Disebutkan lebih dari setengah penduduk Indonesia menggunakan internet. Yaitu sekitar 132,7 juta dari total 256,2 juta penduduk Indonesia. Data dari DetikInet terlihat hampir sama dengan data dari penjelasan GOukm ini. Bisa dilihat di bagian atas. Padahal di atas disebutkan kenaikan sebesar 51% lho dari tahun sebelumnya. Hmmm.. mungkin pengambilan data beda metode. Bagusnya data ini merinci pengguna internet di Indonesia, diketahui sekitar 48,2% pengguna internet adalah wanita, lebih sedikit dibanding pengguna pria yaitu sebesar 51.8%. Namun tidak dijelaskan lebih rinci tentang agama pengguna di sana. Seperti diketahui sebagian besar penduduk Indonesia adalah muslim, jadi kemungkinan yang terbesar dari 48,2% itu adalah muslimah.

Sementara data dari Kominfo yang saya dapatkan terakhir adalah data tahun 2016 yang menyebutkan sekitar 73.3% pengguna internet Indonesia membuka situs jejaring sosial. Mencari informasi mengenai barang dan jasa menempati tempat kedua. Wah banyak juga ya yang berminat belanja online. Namun tidak ditemukan keterangan tentang berapa persen aktivitas blog. Lengkapnya bisa dilihat di tabel berikut.

Membuka situs jejaring sosial 73.30%
Mencari informasi mengenai barang atau jasa 53.70%
Mengirim pesan melalui Instant Messaging (termasuk chatting) 52.70%
Mengunduh film, gambar, musik, menonton TV atau video, atau mendengarkan radio/musik 48.20%
Mencari informasi layanan pendidikan 47.40%
Bermain game atau mengunduh video game atau komputer game 44.10%
Mengirim atau menerima email 41.40%
Melakukan aktivitas belajar 39.80%
Mencari informasi kesehatan atau pelayanan kesehatan 39.00%
Membaca atau mengunduh online newspaper, majalah, atau ebook 30.80%
Mencari informasi mengenai pekerjaan 27.90%
Melakukan video call (Skype, Yahoo Messenger, lainnya) 24.00%
Mencari informasi mengenai organisasi pemerintahan 23.90%
Mengunduh software 22.10%
Menggunakan layanan pendidikan secara online ( mis.pendaftaran dll) 19.30%
Menggunakan jasa akomodasi dan travel (pesawat, hotel, dan lainnya) 14.80%
Memanfaatkan layanan kesehatan secara online (mis.mendaftar BPJS dll) 14.10%
Lainnya, (contohnya: menggunakan wikipedia, kepemilikan homepage dll) 10.30%

Mengingat banyaknya pengguna internet Indonesia berselancar di dunia maya untuk membuka situs jejaring sosial, ada baiknya muslimah memberikan peran yang baik untuk memanfaatkan situasi ini. Banyak pengguna medsos yang saya temui enggan membuka blog, meski isi yang disampaikan cukup penting, sebagian besar meminta dikopi ke halaman medsos. Cukup sulit mengajak untuk membuka blog jika bukan pengguna blog juga. Muslimah tetap bisa memanfaatkan medsos untuk menyampaikan info meski hanya sedikit yang akhirnya mau melompat keluar dari medsos, semoga kedepannya bisa lebih banyak yang memanfaatkan info dari konten blog.

PicsArt_11-07-08.32.37

Blog memberikan ruang yang cukup lebar bagi muslimah dalam menyampaikan pemikiran ataupun informasi di dunia maya. Banyak berita yang terkadang tidak sesuai data beredar di medsos. Muslimah bisa memanfaatkan blog untuk menyampaikan data-data mengenai apa yang terjadi, dan dibagikan di media sosial. Meski umpan baliknya masih rendah namun upaya yang baik insyaAllah akan menghasilkan yang baik.

Terkait berita pengulangan pendaftaran data kartu sim hp yang membuat heboh belakangan ini di jagat dunia maya. Meski sudah jelas bahwa kominfo mengeluarkan secara resmi, namun masih ada yang menganggap hal itu tidak benar. Atas dasar analisa berbagai kalangan pengguna medsos kemudian muncul berbagai dugaan. Bagaimana muslimah bersikap dalam hal ini?

Baca juga: Bolehkah Berjualan di Timeline Facebook?

Jika ditarik ke belakang, sebagai muslimah tentunya memilih pemimpin akan berusaha sesuai dengan apa yang ada dalam ajaran Islam. Jika ternyata pemimpin yang menjabat bukanlah pemimpin yang dipilih, tentu tetap harus menghormati pemimpin, seperti itu ajaran dalam Islam.

Hai orang-orang yang beriman, ta’atilah Allah dan ta’atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu.” (QS. An Nisa’ [4] : 59)

Bagaimana jika pemimpin itu menggunakan segala cara untuk melanggengkan kekuasaannya? Dari zaman manusia mulai ada sifat manusia adalah survive termasuk juga dalam hal kekuasaan (bahkan juga di medsos banyak muslimah yang survive ^_^). Data dari GOukm menyebutkan sekitar 31,3 juta pengguna internet Indonesia menggunakan medsos untuk update. Ini berada di peringkat tertinggi lho. Jadi bagaimana bersikap terhadap pemimpin?

Nanti setelah aku akan ada seorang pemimpin yang tidak mendapat petunjukku (dalam ilmu, pen) dan tidak pula melaksanakan sunnahku (dalam amal, pen). Nanti akan ada di tengah-tengah mereka orang-orang yang hatinya adalah hati setan, namun jasadnya adalah jasad manusia. “

Aku berkata, “Wahai Rasulullah, apa yang harus aku lakukan jika aku menemui zaman seperti itu?”

Beliau bersabda, ”Dengarlah dan ta’at kepada pemimpinmu, walaupun mereka menyiksa punggungmu dan mengambil hartamu. Tetaplah mendengar dan ta’at kepada mereka.” (HR. Muslim no. 1847)

Sudah sewajarnya jika ada kesalahan dari pemimpin kita koreksi dengan jalur yang diberikan. Bukan dengan menebar aib di medsos, karena ancaman dari Allah untuk penebar aib itu sangat mengerikan. Dan ingat Allah sudah menjanjikan dalam Al-Qur’an:

“Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Rabbmu amat cepat siksaan-Nya, dan sesungguhnya Dia Mahapengampun lagi Mahapenyayang.” (QS. al-An’aam: 165)

Jadi sebagai muslimah cukup berpegang pada janji Allah, mengoreksi jika ada kesalahan dan mendo’akan pemimpin agar selalu amanah, bertanggung jawab, berilmu dan berbuat baik.

Kembali ke pendaftaran ulang data kartu sim hp… Takut data disalahgunakan? Tenang, sudah ada Permen Kominfo No. 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik. So bagaimana muslimah? Yuk sama-sama kita ramaikan blog dengan konten informasi yang baik dan berbagi pengalaman yang menginspirasi.

 

Tulisan ini diikutkan dalam postingan tematik Blogger Muslimah Indonesia.

#PostinganTematik

#BloggerMuslimahIndonesia

 

 

 

52 Comments Add yours

  1. Virgorini berkata:

    Informatif banget Mbak

  2. Tatiek Purwanti berkata:

    Keren mbak infonya 👍
    Membuka jejaring sosial jadi yang teratas dilakukan di dunia maya ya. Seperti dugaan saya, dan beberapa kali saya temui. Yang terbiasa berfacebook misalnya, cenderung ogah membuka blog. PR berat, memang. Sementara saya sendiri kadang malah suka pusing dengan seliweran di jejaring sosial. Sementara ini saya berjejaring sosial secara terbatas dan seperlunya 🙂

  3. 48,2% lumayan banyak juga ya hehe, tapi sayangnya sekarang ini banyak juga yg sering share info hoax entah itu di blog pribadi atau bahkan portal berita. bisa bikin pecah belah X(

  4. zahraflo berkata:

    Terimakasih sudah beekunjung mbak Virgorini 🙂

  5. zahraflo berkata:

    Terimakasih sudah berkunjung mbak Tatiek.. Kadang saya coba dengan judul yang mungkin bisa memancing pembaca untuk buka blog tapi tetap kadang yang dibaca judulnya aja.. >_<

  6. zahraflo berkata:

    Iya mbak Aulia.. pe er buat muslimah yang ngeblog agar share berita sesuai data.

  7. Muyassaroh berkata:

    Semoga bisa meramaikan dunia maya dengan tulisan yang bermanfaat, terima kasih sharingnya, mbak..

  8. zahraflo berkata:

    Amin… sama-sama mbak.. semoga bermanfaat

  9. Baiq berkata:

    Wah keren mba infonya. Data datanya lengkap dan informatif. Sudah saatnya blogger muslimah bangkit dan menghiasi dunia internet dengan konten konten islami berkualitas yaa. Setidaknya menjadi ladang berbuat kebaikan untuk di akhirat kelak ^^

  10. zahraflo berkata:

    Hayukk meramaikan blog dengan konten Islami.. 🙂 bismillah..

  11. Novia berkata:

    Terimakasih informasinya sangat luar biasa…😊😊

  12. denik berkata:

    Wah, informasinya lengkap sekali Mba. Jadi tambah wawasan. Terima kasih ya Mba.

  13. Semoga antusiasme pegiat sosial media bersedia membuka tautan blog yang ada makin meningkat. Mungkin karena buka linknya butuh kuota yang rata-rata dihemat oleh mereka..Kalau biaya internet lebih murah lagi, mungkin bisa jadi solusi.

    Terima kasih data dan ulasan lengkapnya Mbak:)

  14. zahraflo berkata:

    Sama-sama mbak… terimakaaih sudah mampir.. 🙂

  15. zahraflo berkata:

    Sama-sama mbak.. bingung juga nyari kata kuncinya..

  16. zahraflo berkata:

    Sepertinya dengan adanya link mode mobile cukup menghemat mbak Dian.. mungkin para pengguna medsos tidak begitu paham.

  17. “Cukup sulit mengajak untuk membuka blog jika bukan pengguna blog juga” >> setuju banget statement ini.
    Jadi tantangan buat kita para blogger muslimah ya.
    Semoga dapat kita jawab dengan semakin banyak menuliskan hal-hal yang bermanfaat dan menebar kebaikan.
    Terima kasih sharenya mbak :).

  18. Siska Dwyta berkata:

    Jadi sebagai muslimah kita juga kudu berperan aktif di dunia maya ya mbak, salah satunya adalah dengan ngeblog dan menebar konten2 yang bernilai positif. 😊

  19. zahraflo berkata:

    Iya mbak.. lebih sering dibaca judulnya aja.. ^_^
    Sama-sama mbak..

  20. zahraflo berkata:

    Yap benar mbak.. Menulis juga bisa merubah dunia.. semoga..

  21. Farida berkata:

    Hehehe.. Iya. Banyak yg nyebarin bahwa registrasi kartu SIM itu hoax. Padahal berita yg menuduh hoax itulah yg hoax :p

  22. jadi ingat rame-rame seputar regisrasi SIM HP, hehe

    setuju, sebagai muslimah harus mengcounter isu hoax dengan konten yang bermanfaat

  23. Artha Amalia berkata:

    Sampai detik ini saya belum daftar reg no hape. Hehe. Kenapa? Males ajah. Bukan kenapa2 lainnya. Jangan contoh yaaa

  24. zahraflo berkata:

    Qiqiqii.. Iya mak.. Ga dicek dulu sih beritanya..

  25. zahraflo berkata:

    Yap benar mbak.. Semoga semakin banyak yang cek dulu sebelum menyebar hoax

  26. zahraflo berkata:

    Qiqiqiqi….
    Pilihan masing-masing aja..

  27. Sesungguhnya agama islam paling sempurna karena dalam alqur’an semua sudah tertulis kebaikan yg mesti kita jalani.

  28. zahraflo berkata:

    Benar mbak…. dan harus diyakini bahwa yang digariskan Allah adalah yang terbaik.. 😊

  29. Etika berkata:

    Mantep mba.. Mksh sharenya ya.. Apapun kontribusi kita di dunia maya maupun nyata smg jd kontribusi yg bermanfaat

  30. zahraflo berkata:

    Amin.. amin.. semoga demikian untuk kita semua…

  31. artikelnya beda mbak, beda dengan yang lainnya. sangat bermanfaat

  32. wahyumaida berkata:

    Bismilalah mba. Melaksanakan PR agar mampu membangkitkan dunia perbloggeran. Dan terus menerus menebar manfaat.

  33. leilaniwanda berkata:

    Datanya menarik, Mba. Kalau dari pengamatan saya, ibu-ibu banyak yang mencari testimoni terkait permasalahan yang sedang dihadapi, dan cerita di blog seringkali lebih menarik karena dianggap lebih nyata dan ‘bukan sekadar teori’. Nah, ini di satu sisi bagus tapi juga bisa melenakan, karena sesungguhnya tidak semua pengalaman bisa disamaratakan untuk sebuah solusi. Di sinilah muslimah bisa berperan, ya…. Berbagi pengalaman sekaligus merujuk ke tuntunan.

  34. Damar Aisyah berkata:

    Blog memang salah satu media yang dianggap informatif dan mulai dipercaya masyarakat. Untuk itu tugas kita sebagai blogger adalah meramaikan dengan konten yang bermanfaat dan anti hoax. Nice info.

  35. zahraflo berkata:

    Terimakasih sudah mampir mbak Hapsari… 😊

  36. zahraflo berkata:

    Semoga PR bisa dilaksanakan ya.. mbak Wahyu.. amin…

  37. zahraflo berkata:

    Benar mbak Leila…. ga semua pengalaman bisa dijadikan solusi… noted..

  38. zahraflo berkata:

    Terimakasih mbak Damar.. terimakasih sudha berkunjung.. 😊

  39. Dina Norsholati berkata:

    Semoga semakin banyak yang bijak memilih dan memilah informasi….untuk kebutuhan sendiri maupun dibagikan. Kadang semangat mengalahkan kesabaran cek en ricek info yg diterima. Saya masih harus belajar banyak ni menulis yg inspiratif hehe…

  40. zahraflo berkata:

    Amin.. semoga ya mbak Dina…
    Semangat mbak.. ^_^

  41. roiza berkata:

    Makasih sudah diingatkan. Saya memang belum mendaftarkan kartu saya. Kemarin gagal terus belum coba lagi.

  42. almawahdie berkata:

    Aaamiin. Semoga pemimpin kita amanah ya.
    Wah, kebayang ini mbak zahra ngumpulin datanya 😉 Informatif banget tulisannya.

  43. saraneyrhiza berkata:

    Saatnya ngeblog untuk memberikan manfaat bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga orang lain.

    Nice share mbak

  44. jeng sri berkata:

    data2nya komplit. makasih sharingnya. keren, Mbak

  45. Dian berkata:

    Luar biasa,, datanya

    Beriisi tulisannya

    Nuce artikel mbak

  46. zahraflo berkata:

    Sama-sama mbak Roiza..
    Saya juga ada kartu yang tidak bisa didaftarkan..

  47. zahraflo berkata:

    Amin.. ^_^
    Terimakasih sudah mampir mbak Alma..

  48. Marita Ningtyas berkata:

    Let’s keep writing and sharing 🙂 Salam kenal mbak.

  49. zahraflo berkata:

    Iya bener mbak Sara… 😊 semangat..

  50. zahraflo berkata:

    Sama-sama mbak Sri… 😊 terimakaaih sudah mampir

  51. zahraflo berkata:

    Trrimakasih sudah mampir mbak.. 😊

  52. zahraflo berkata:

    Salam kenal juga mbak Marita… terimakasih sudah berkunjung 😊

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s