27 Jenis keperluan melahirkan


Menantikan kelahiran bayi adalah hal yang menyenangkan, penuh antusiasme dan kebahagiaan. Namun juga penuh kebingungan apalagi buat yang baru pertama melahirkan. Kebutuhan apa saja yang harus dipersiapkan untuk menyambut kelahiran?

Untuk kelahiran anak beberapa bulan lalu, saya mempersiapkan segala sesuatunya karena perlengkapan bayi abangnya sudah tidak ada lagi yang tersisa.
Jadi pengeluarannya cukup besar dan saya harus mencari beberapa pilihan harga agar bajetnya cukup.
Alhamdulillah waktu itu ada promo diskon dan gratis ongkir. Jadi saya memanfaatkan promo tersebut. Sebagian memang dibeli online dan sebagian lagi dibeli offline. Namun yang banyak terpakai adalah yang dibeli online.

Berikut beberapa list dari persiapan saya melahirkan bayi. Di sini saya tulis hanya yang terpakai, karena ada beberapa produk yang saya beli akhirnya tidak terpakai.

1. Baju bayi
Baju bayi saya bedakan baju siang dan malam. Untuk baju siang bayi saya pakaikan celana pendek dan baju lengan pendek, sedangkan untuk malam celana panjang dan baju lengan panjang.
Semuanya dengan bukaan kancing depan untuk memudahkan pemakaian.
Saya mempersiapkan lebih dari 6 baju siang dan lebih dari 6 baju malam. Namun yang terpakai hanya masing-masing 6buah. Saya memilih merek Velvet, bahannya cukup bagus dan cepat kering.
Harga lebih kurang Rp. 30.000/pc untuk lengan panjang, dan Rp. 25.0000/pc untuk lengan pendek. Ada beberapa celana panjang polos dan celana pendek polos juga untuk jaga-jaga jika saat ganti popok celana bayi kotor.

2. Singlet bayi
Saya memilih menggunakan singlet bayi ketimbang gurita karena tidak membuat perut bayi sesak. Singlet saya persiapkan hanya 6 buah dan menurut saya itu kurang. Saya memilih merek velvet juga karena bahannya tidak mudah rusak. Harga lebih kurang Rp. 9.000/pc.

Senyum
Senang saat diajak ngobrol di atas bantal kesayangan

3. Popok sekali pakai
Saya menggunakan popok sekali pakai karena praktis pemakaiannya. Saya juga tidak punya banyak waktu dan tenaga untuk mencuci pakaian kotor menumpuk setiap hari, apalagi setelah caesar, tanpa art di rumah. Harga lebih kurang Rp. 52.000/pack isi 44pcs.

4. Sarung tangan dan kaki
Saya beli 4 pasang dan yang lebih terpakai hanya sarung kaki, sarung tangan jarang digunakan. Ada juga sarung kaki dan tangan yangbsatu set dengan topi bayi. Harga bervariasi ada yang Rp. 25.000 dapat 3 pasang.

5. Waslap mandi
Saya beli yang ada lobang jempolnya 2 buah, terpakai dengan baik. Kira-kira Rp. 5.000/pc.

6. Perlak mandi
Saya pakai perlak mandi karet tebal dengan warna polos terpakai dengan baik, dan juga tidak mudah rusak. Sekitar Rp 70.000.

7. Alas mandi bayi
Sebenarnya penjualnua menyebutnya bedong, namun bahannya kurang lembut, biasanya saya pakai untuk alas mandi bayi saat basah dia menjadi lebih lembut. Sekitar Rp. 60.000/pack isi 6pcs.

8. Bak mandi bayi
Bak mandi bayi berukuran besar terpakai dengan baik dan sesuai anjuran dokter mandi bayi harus direndam. Jadi bayi saya mandi dengan direndam di dalam bak mandi setelah disabun terlebih dahulu di atas perlak mandi. Sekitar Rp. 100.000.

9. Handuk bayi
Saya beli 2pcs untuk jaga-jaga jika handuk kotor. Terkadang bayi pipis sesaat setelah mandi dan akan diganti bajunya. Jadi membuat handuknya basah dan biasanya saya ganti agar bayi nyaman. Handuk bayi berkisar lima puluh sampai delapan puluh ribu rupiah.

10. Alas ganti baju bayi
Saya beli alas yang bagian luarnya kain lembut dan dalamnya anti air. Ukurannya cukup besar jadi saya bagi 2 satu untuk di rumah dan lainnya untuk bepergian. Sekitar Rp. 65.000/pc.

Hai..
Mengenakan baju panjang yang hangat

11. Sisir bayi
Sisir bayi ini dibuat khusus untuk bayi, kepala bayi terjaga dari goresan dan bayi merasa nyaman saat disisir. Sekitar Rp. 35.000/set.

12. Minyak telon, baby cologne, baby oil dan hair lotion
Ini adalah kebutuhan bayi setelah mandi. Biasanya baby oil saya pakaikan di bagian lipatan. Namun terkadang lupa, hanya menggunakan baby oil pada bayi 😁.
Begitu juga dengan hair lotion, lebih sering lupa menggunakannya. Saya pakaikan merek Pigeon. Agar rapi saya menyimpannya di suatu wadah kecil. Harga bervariasi antara Rp. 25.000/100ml untuk minyak telon, Rp. 29.000/200ml baby cologne, Rp. 15.000/100ml untuk baby oil, Rp. 14.000/100ml untuk hair lotion.

13. Sabun bayi
Saya beli sabun cair yang 2 in 1 bisa dipakai untuk mencuci rambut bayi juga. Jadi bepergian pun membawa 1 macam sabun sudah cukup untuk mandi bayi. Saya beli brand Pigeon, harga sekitar Rp. 54.000/400ml model pump. Isi ulangnya sekitar Rp. 37.000/600ml.

14. Thermometer badan
Thermometer yang lama tidak diketahui keberadaannya, jadi saya beli yang baru merek crown, yang bagian ujungya lentur. Harga lebih kurang Rp. 35.000.

15. Kapas bulat
Benda yang saya perlukan saat mengganti popok bayi adalah kapas bulat. Ini sangat membantu juga saat bepergian. Saya simpan di kotak kecil agar terjaga kebersihannya. Saya beli brand Medisoft harga sekitar Rp. 8.000/pack.

Kebutuhan bayi
Sebagian kebutuhan bayi

16. Bedong bayi
Bedong bayi sebanyak 3pcs saya beli yang lembut merek velvet, namun tidak terpakai lama. Terkadang dijadikan selimut bayi saat tidur. Harga berkisar di angka Rp. 110.000/3pcs.

17. Selimut bayi
Saya hanya perlu satu selimut bayi untuk dibawa bepergian. Saya beli yang warnanya cerah merek Obayito, ini kainnya lembut dan nyaman digunakan. Harga berkisar Rp. 110.000/pc.

18. Gendongan bayi
Saya beli yang model selempang namun tidak begitu sering saya gunakan. Saya beli merek Petite Mimi. Harga sekitar Rp. 85.000/pc.

19. Apron menyusui
Bermanfaat saat membawa bayi pergi ke luar. Di saat ramai antrian di rumah sakit juga sering digunakan. Benda ini menutupi dengan baik saat bayi harus disusui. Harga berkisar Rp. 75.000/pc merek petite Mimi.

20. Pompa ASI
Saya butuh ini karena ASI sering mengalami masalah saat di awal-awal menyususi. Saya pakai merek IQ Baby harga berkisar Rp. 145.000/pc.

21. Tas bayi
Saya beli yang kecil dan besar. Yang kecil digunakan untuk bepergian dekat. Yang besar dipakai untuk menginap. Namun ini bukan kebutuhan wajib. Yang kecil saya beli sekitar Rp. 85.000. Yang besar sekitar seratus sampai dua ratus ribu.

22. Kaos kaki bayi
Sebaiknya dibeli di awal. Saya telat mempersiapkannya. Dibutuhkan sekitar 6 pasang kaos kaki untuk dipakai bergantian. 4pcs adalah kaos kaki dengan bunyi krincingan harga berkisar Rp. 28.000/pasang. Kaos kaki lainnya saya pakai kaos kaki abangnya yang kekecilan (namun kebesaran untuk bayi 😁).

23. Kereta dorong bayi
Ini bukan benda wajib, namun kebetulan ada rezeki untuk membelinya. Suami membelikannya saat sudah dekat lahiran. Benda ini terpakai saat belanja di mall atau ke rumah sakit. Bayi tertidur dengan nyaman di dalamnya. Tak hanya dipakai saat bepergian, benda ini juga bermanfaat saat di rumah. Bayi terjaga dengan baik di atasnya karena ada pengamannya.

Tertidur
Tertidur dengan nyenyak di atas kereta dorong beralas selimut

24. Penutup telinga
Saya berniat membelikan penutup telinga yang bahan kain model earmuff namun tidak ada yang muat di kepala bayi. Ini penting dibeli pastikan membeli yang cocok dengan bayi. Saya membeli yang model clay, tapi terlalu mudah lepas dari bayi. Hanya terpakai saat bayi masih belum banyak beraktifitas. Ada beberapa topi dengan model penutup telinga, namun bayi saya bukan tipe anak yang suka dipakaikan topi. Saya beli earplug Mack’s seharga lebih kurang Rp. 59.000.

25. Tempat tidur bayi
Saya beli tempat tidur kecil yang ada kelambunya. Terpakai sebentar saat bayi belum banyak gerak. Kalau ada bajet lebih sebaiknya ibu membeli kelambu yang besar saja agar nyaman tidur bersama bayi, bayipun bebas mengeksplorasi tempat tidur bergulingan ke sana kemari. Saya beli yang kecil sekitar Rp. 280.000.

26. Bantal bayi
Saya beli 2pcs untuk ganti kalau kotor. Salah satunya bisa diganti sarungnya, ukuran tidak kecil seperti bantal bayi umumnya. Cukup lembut dan nyaman dipakai bayi. Harga berkisar Rp. 95.000/pc untuk yang bisa diganti sarungnya dan yang lainnya berkisr Rp. 45.000.

27. Perlengkapan ibu
Perlengkapan ibu yang saya sediakan diantaranya 2 kain sarung batik (kira-kira lima puluh ribuan) dan 2 kain panjang (kira-kira enam puluh smapai sembilan pukuh ribu rupiah), Korset dengan perekat sebaiknya punya 2 atau lebih (harga sekitar lima puluh ribu rupiah), bra menyusui 6pcs(harga berkisar Rp. 35.000/pc), saya juga pakai breast pad yang sekali pakai agar memudahkan penggunaan, harga berkisar Rp. 53.000/36pcs.

Itu beberapa benda penting yang saya siapkan untuk menanti kelahiran bayi. Meski ada beberaoa juga yang dibeli setelah melahirkan. Ada benda-benda yang tidak saya sebutkan di sini tidak terpakai. Sebaiknya tidak membeli bedak tabur bayi karena tidak aman untuk bayi. Gurita bayi sebenarnya saya beli, namun tidak terpakai, hanya sempat memakaikannya saat singlet ternyata belum kering, itupun dilonggarkan.

Selamat kepada ibu yang sedang menanti buah hati, semoga mendapatkan keperluan bayi yang tepat dan bermanfaat.

One Comment Add yours

  1. wulanwahyudi berkata:

    Selamat ya mba πŸ™‚ semoga dedek bayi tumbuh sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s