BAWA BAYI BEPERGIAN, CEK BAWAAN YANG DIPERLUKAN

on

BAWA BAYI BEPERGIAN, CEK BAWAAN YANG DIPERLUKAN – Alhamdulillah punya bayi lagi setelah sekian tahun memiliki anak yang sudah mulai belajar menulis itu sesuatu yang cukup istimewa. Merasakan kembali seperti mengurus bayi anak pertama, Semua cara pengasuhan sepertinya sudah banyak yang lupa. Mengingat-ingat kembali cara yang dilakukan dulu untuk anak-anak sebelumnya.

Di rumah tentu banyak hal yang akan jadi perhatian mulai dari bersihnya tempat tidur dari benda-benda kecil, pengaturan jam ngASI, mengecek popok jika sudah kotor, memperhatikan jam tidur bayi, asupan makanan emak yang penuh gizi, Kalau bepergian kembali memperhatikan jenis pakaian yang memungkinkan untuk ngASI, dan memperhatikan jenis tas yang dipakai untuk membawa perlengkapan bayi. Tasnya tidak boleh berat karena perlengkapan bayi yang akan dibawa cukup banyak.

Anehnya sebelum lahiran saya sempat membeli tas yang berat (bahkan belum diisi), membeli baju yang tidak suport ngASI, jadinya repot-repot lagi mencari tas dan baju yang mendukung. Tas kecil mini jadi pilihan saya waktu itu, karena banyak pengeluaran untuk beli perlengkapan bayi jadi pilih tas kecil model sling harga di bawah seratus ribu. Dan akhirnya menyesal juga karena setelah itu bayi akan membawa MPASI kemana-mana jadinya butuh tas lebih besar, dan lebih nyaman dengan model ransel.

Di postingan ini saya akan membeberkan (qiqiqi… apaaaa coba.. ) apa saja yang saya bawa saat bepergian dengan bayi.

1. Popok bayi sekali pakai
Ini penting dan wajib bawa 3 atau 4 agar tidak kelabakan saat bepergian. Jadi saat ganti popok tidak perlu repot beli atau mencari minimarket.
Terkadang bayi pup setelah ganti popok, jadi memang perlu beberapa cadangan meski butuh cukup banyak space membawa popok.

2. Kapas bulat
Ini juga benda penting yang digunakan saat ganti popok bayi. Benda bulat ini dibasahi terlebih dahulu dengan air kran (jika ada di sekitar tempat ganti) atau dengan air minum yang dibawa.
Kapas bulat ini saya masukkan wadah kotak plastik kecil. Diisi penuh tiap akan bepergian.

3. Tisu kering
Setelah membersihkan dengan kapas bulat biasanya saya keringkan dengan tisu kering. Dan diperlukan juga unuk membersihkan tangan atau pipi bayi yang terkena air ASI.

PicsArt_03-16-09.36.29
Beberapa perlengkapan bayi di dalam tas

4. Tisu basah
Benda yang satu ini bermanfaat untuk membersihkan tangan saya setelah mengganti popok bayi. Bisa juga untuk membersihkan kaki atau tangan bayi yang kotor. Tisu yang saya pilih biasanya yang wanginya lembut dan kemasannya kecil. Sebelum berangkat cek ketersediaan tisu basah dulu.

5. Alas ganti popok
Benda ini tidak kalah oentingnya, karena tidak semua tempat yang dikunjungi ada ruang ganti popok bayi. Sebenarnya saya punya yang ukuran besar, jadi dipotong 2, satu untuk di rumah satu untuk dibawa-bawa. Meski merek yang saya pilih agak rentan bocor, namun produk ini ringan dan gampang dilipatnya, serta tidak membutuhkan ruang yang besar di dalam tas.

6. Baju ganti
Baju ganti biasanya yang sering lupa dibawa. Ini harus dibawa karena bayi akan gerah jika terlalu lama di luar apalagi kalau sampai sore. Sore bayi wajib ganti baju. Sedih kalau ternyata baru sadar baju ganti bayi tidak dibawa, ini tidak mungkin dibeli dulu, karena bajunya tidak bisa langsung pakai.

7. Minyak telon bayi
Minyak telon dipakai saat ganti baju atau bayi merasa tidak nyaman. Mengenai minyak telon yang saya pilih saya ceritakan di blog yang lain reviewbermanfaat.blogspot.com bisa dibaca reviewnya di sana. Kemasannya kecil jadi pas untuk bepergian.

8. Baby cologne
Agar bayi tetap wangi baby cologne penting dibawa saat bepergian. Apalagi kalau abis ganti popok sehabis pup. Hmm.. wangi baby cologne menyegarkan bayi lagi.

9. Nursing Apron
Benda yang satu ini termasuk wajib dibawa, dari anak pertama saya butuh nursinh apron saat bepergian. Meski dulu juga sempat bawa ASIP kemana-mana tapi bayi tidak selalu merasa nyaman menikmatinya. Jadi lebih baik ngASI langsung. Namun di beberapa tempat ada ruang yang nyaman untuk menyusui tanpa benda ini.

10. Makanan bayi dan perlengkapannya
Ini kalau bayi sudah menginjak usia di atas 6 bulan atau sudah MPASI atas anjuran dokter di usia 4+. Menurut Dokter anak saya waktu itu anak usia 4 bulan sudah bisa diberi MPASI dalam bentuk encer.
Sendok makan bayi pernah lupa dibawa saat membawa MPASI dan itu membuat tidak nyaman saat harus menggantinya dengan sendok besar yang ada di tempat makan. Jadi sendok makan serta kemasannya (saya bawa dengan kemasan agar bersihnya terjaga) juga harus dibawa kalau membawa MPASI
Saya memberikan air putih juga setelah bayi makan, jadi ini juga harus dibawa.

11. Mainan bayi
Ini sebenarnya jarang saya bawa. Namun jika perginya lama dan mungkin bayi merasa bosan di perjalanan cukup membantu dalam menenangkan bayi. Sebenarnya bayi tidak selalu suka dengan mainananya, justru kadang tertarik dengan benda-benda yang bukan mainannya.

12. Stroller
Termasuk benda yang sering saya bawa bepergian. Alhamdulillah bayi bisa tertidur lelap di stroller. Namun lebih nyaman menggunakan lift saat membawa stroller ke mall padahal tidak semua tempat ada liftnya.
Terlepas dari itu stroller cukup membantu membawa bayi bepergian.

13. Gendongan
Sebenarnya ini benda yang jarang saya bawa bepergian. Karena saya termasuk gampang pegal. Kalau menggendong bayi terlalu lama biasanya jadi lelah dan sakit kepala. Biasanya suami yang lebih sering menggendobg bayi dan beliau tidak begitu suka menggunakan gendongan.

PicsArt_03-16-09.47.10
Digendong ayah tanpa gendongan

14. Selimut bayi
Saya merasakan selimut bayi banyak bermanfaat saat dibawa bepergian. Melindunginya tidur di stroller. Memberikan dekapan hangat saat di mobil. Dan membantu bayi nyaman saat harus dibaringkan di atas sajadah mushalla atau mesjid.

Yang terakhir tentu ada bayi yang dibawa, percuma bawa semua benda di atas tapi bayinya tidak diajak serta 😁
Jadi intinya bawa seminimal mungkin benda-benda yang kira-kira bermanfaat. Gunakan tas ringan yang nyaman digunakan.
Semoga coretan ini bermanfaat untuk ibu-ibu atau calon ibu yang hendak membeli perlengkapan bayi.
Terimakasih sudah membaca 😊

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s