Ide Usaha


Masyarakat kita masih banyak yang menjadi pengagguran terdidik. Tamat Kuliah tidak tahu mesti kerja dimana. Kadang mencari kerjaan yang tidak sesuai dengan ijazah, dengan tekad mencari nafkah yang halal. Jika anda masih bingung mencari pekerjaan, dan anda mempunyai modal untuk usaha tapi tidak tahu  akan melakukan usaha apa. mungkin saya bisa membantu memberikan beberapa ide usaha yang dapat anda lakukan.

IDE USAHA PENYEWAAN BARANG-BARANG ANAK KOS

Kalau tempat anda adalah lingkungan kos mahasiswa, pelajar atau pegawai kantoran, yang berasal dari berbagai daerah. Anda mempunyai lemari anak yang masih bisa dipakai tapi pakaian anak sudah tidak muat. Anda ingin membeli penanak nasi yang baru, tapi yang lama masih dapat dinyalakan dan beroperasi dengan baik. Atau tempat tidur dan kasur yang masih bagus tapi sudah tidak terpakai. Manfaatkanlah peluang itu, anda bisa membuka usaha penyewaan barang-barang untuk anak kos.

Modal :

–          Barang-barang bekas seperti : tempat tidur, kasur, lemari, meja, kipas angin, dan lain-lain.

–          Mobil bak terbuka

–          Brosur pemberitahuan usaha anda

Yang harus anda persiapkan adalah transportasi untuk penghantaran barag-barang tersebut.  Lalu hal-hal berikut dapat anda lakukan :

–          Langkah pertama, anda dapat membuat brosur yang berisi iklan usaha anda. Tempelkan dimana saja area yang memungkinkan di daerah kampus, sekolah atau meletakkannya di dalam ruang mesin ATM.

–          Jika pelanggan mulai mendatangi anda, jangan langsung menyetujui setiap permintaan. Sifat anak kos adalah dapat berpindah-pindah sewaktu-waktu, jadi anda harus bisa mengetahui secara sepintas apakah orang tersebut jujur atau tidak. Cobalah membuat formulir singkat untuk diisi sambil mengajak ngobrol. Buatlah semacam perjanjian agar barang-barang anda tetap dirawat dan utuh ketika kembali.

–          Buatlah semacam bonus, misalkan jika menyewa selama 1 tahun gratis menyewa selama 1 bulan.

–          Jika usaha anda mulai lancar barang-barang yang baru anda sediakan untuk menarik minat pelanggan.

–          Cobalah untuk mengontrol barang yang anda sewakan, misalnya sekali sebulan.

–          Untuk pelanggan baru anda bisa memberikan barang-barang kecil secara gratis. Dan untuk pelanggan lama anda mungkin bisa memberikan diskon.

–          Barang-barang yang dapat anda sewakan diantaranya Kasur, tempat tidur, magic com, kipas angin, radio, lemari, meja, dispenser, dan lainnya.

–          Selamat berwirausaha.

JUALAN IKAN SEGAR

Anda tinggal di daerah yang jauh dari pantai, memiliki kendaraan dengan bak terbuka dan memiliki tempat untuk usaha. Ambillah kesempatan untuk berwirausaha menjual ikan segar.

Modal :

–          Mobil, kalau bisa bak terbuka

–          Uang (jumlahnya tergantung anda), untuk membeli ikan-ikan segar biasanya jika anda membeli langsung pada nelayan akan lebih murah.

–          Tempat usaha

–          Beberapa Aquarium kaca

Apa yang anda lakukan sangat sederhana, anda hanya perlu membeli ikan dari nelayan terdekat. Jika memungkinkan belilah yang masih hidup, tapi anda juga harus menyediakan media untuk ikan-ikan tersebut berupa air laut.

Pajanglah ikan-ikan segar tersebut pada aquarium di tempat usaha anda. Ciptakan suasana yang bersih dan tetaplah selalu menjaga kebersihan. Sediakan jasa pemotongan ikan, agar pembeli tak kesulitan membawa ikan-ikan itu pulang, dan lakukan dengan bersih.

Sediakan berbagai jenis ikan dan utamakan ikan yang khas di daerah anda, biasanya itu yang banyak diminati. Jika ikan-ikan tersebut tidak habis terjual, buatlah produk olahannya. Hal yang harus anda perhatikan dalam usaha ini adalah mempertahankan kebersihan tempat usaha anda. Gunakanlah brosur yang disebar di perumahan-perumahan untuk pemasarannya.

ANTI NYAMUK NON OBAT NYAMUK

Anda mempunyai banyak Koran bekas di rumah? Banyak cara memanfaatkan Koran bekas, lalu apa hubungannya dengan anti nyamuk? Mungkin anda juga memiliki tanaman anti nyamuk seperti lavender dan mengembangbiakannya dengan baik. Anda berani mengambil langkah pertama untuk melakukan sesuatu yang mungkin saja belum pernah dilakukan orang lain? Jika tak ada yang  memulai tentu segala sesuatau kemudahan hidup tak akan pernah tercapai.

Modal :

–          Koran-koran bekas

–          Tanaman anti nyamuk

–          Blender

–          Cetakan sesuai selera

–          pewarna

Pertama anda harus membuat bubur kertas terlebih dahulu. Kertas Koran dirobek-robek atau digunting menjadi potongan-potongan kecil. Pisahkan warna-warna yang senada, pastikan tidak ada warna yang mencolok untuk tiap kelompok. Kemudian rendamlah dengan air yang cukup selama semalaman.

Kertas-kertas yang sudah direndam dicampur dengan tanaman lavender dan diberi pewarna, kemudian diblender hingga hancur . Saringlah bubur kertas agar terpisah dari air. Anda harus mempersiapkan cetakan berupa plat besi yang dimodifikasi (dapat dipesan pada tukang las) bisa berbentuk segitiga, kubus atau yang lainnya yang mungkin bisa diletakkan dan dijadikan pajangan di atas meja.

Masukkan bubur kertas ke dalam cetakan dan padatkan. Kemudian lepaskan dan jemurlah, atau anda mungkin bisa mengovennya dan anda dapat mengatur sendiri suhu yang cukup. Dalam usaha ini anda dituntut untuk kreatif dan berinovasi. Jangan menyerah sebelum berbuat.

Anda bisa memodifikasi tidak hanya untuk ditaruh di atas meja, mungkin dalam bentuk gantungan. Untuk langkah awal anda bisa saja menggunakan kaleng-kaleng bekas berukurang kecil sebagai cetakan, atau gelas-gela splastic yang berbentuk macam-macam.

Anda harus tahu berapa lama anti nyamuk anda bekerja dengan baik. Semua kita tahu bahwa penggunaan obat anti nyamuk bakar atau elektrik membawa dampak negative bagi kesehatan, dan menggunakan tanaman anti nyamuk tidak bisa untuk kamar tidur karena kita akan berebut oksigen dengannya. Karena itu yakinkan konsumen anda bahwa ini alami dan aman.

Selamat berkarya :-).

One Comment Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s